Mohon untuk membaca syarat dan ketentuan (“Syarat dan Ketentuan”) yang tertulis di bawah ini secara seksama sebelum memesan Barang atau menggunakan Layanan dari Situs ini.
Untuk menggunakan Layanan kami, Anda harus berumur 17 tahun atau lebih. Apabila Anda berumur di bawah 17 tahun, maka anda membutuhkan izin dari orang tua atau wali anda.
Dengan tetap mengakses Situs ini dan memesan Barang atau Layanan dari Situs ini melalui telepon atau aplikasi telepon genggam kami, Anda setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan ini.
1. Pendahuluan
- STARTBIZ INDONESIA (“STARTBIZ.CO.ID”) adalah sebuah usaha mikro kecil yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia, yang berdomisili di Jakarta, Indonesia, yang merupakan pemilik dan operator dari Startbiz Indonesia (“Startbiz.co.id”).
- STARTBIZ.CO.ID sebagai penyedia Platform mempunyai usaha di bidang pengembangan, pengoperasian, pengaturan sebuah online marketplace yang menyediakan daftar produk pada startbiz.co.id sebuah domain internet yang didaftarkan atas nama STARTBIZ.CO.ID dan/atau Aplikasi iOS dan Android.
- OLEH KARENA ITU PARA PIHAK SEPAKAT ATAS KETENTUAN DI BAWAH INI.
2. Definisi
2.1. “Perjanjian” yaitu perjanjian ini (“Syarat dan Ketentuan Layanan”), Kebijakan Privasi, Kebijakan Pembayaran, Kebijakan Pengembalian Dana, dan setiap bentuk lainnya;
2.2. “Aplikasi” yaitu aplikasi yang dapat dipasang pada telepon genggam dari startbiz.co.id;
2.3. “Pengiriman” yaitu jasa pengiriman yang disediakan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Startbiz Indonesia;
2.4. “Barang” yaitu produk fisik yang dijual oleh Startbiz Indonesia dan dapat dibeli oleh konsumen;
2.5. “Jam Operasional” yaitu waktu dan hari pada saat Startbiz Indonesia terbuka untuk umum;
2.6. “Provider yang Bekerja Sama” atau “Provider” adalah pihak ketiga, yang bekerja sama dengan Startbiz Indonesia untuk menyediakan layanan yang diberikan kepada konsumen;
2.7. “Platform” yaitu startbiz.co.id, sebuah properti berupa domain internet yang terdaftar atas nama Startbiz Indonesia dan setiap aplikasi telepon genggam atau web yang menyediakan akses yang sama;
2.8. “Kebijakan Pengembalian Dana” yaitu perjanjian yang ditujukan pada Situs ini, mengatur bagaimana kami memproses pengembalian dana konsumen;
2.9. “Kebijakan Privasi” yaitu perjanjian yang ditunjukkan pada Situs ini, mengatur cara kami mengumpulkan dan menyimpan data pengguna;
2.10. “Layanan” yaitu setiap layanan yang kami sediakan dan dapat Anda minta melalui Situs atau Aplikasi kami;
2.11. “Biaya Layanan” adalah biaya lainnya diluar dari biaya produk atau layanan, termasuk namun tidak terbatas pada biaya payment gateway, biaya administrasi, dan biaya lainnya.;
2.12. “Kami”, “Startbiz.co.id”, “STARTBIZ.CO.ID”, “Startbiz”, “Startbiz Indonesia” adalah perusahaan;
2.13. “Situs” adalah startbiz.co.id atau sub-domain lainnya yang kami gunakan untuk menawarkan Barang dan Layanan kami, termasuk penggunaan domain dan subdomain dari “startbiz.web.id”, “startbiz.id”, “startbiz.my.id”, “startbiz.biz.id”, dan “start.biz.id”;
2.14. “Anda”, “Kalian”, “Konsumen” yaitu Anda, seseorang yang mengakses Situs ini atau Aplikasi untuk memesan Barang dan Layanan serta menggunakan Layanan dari Situs atau Aplikasi atau cara lainnya untuk memesan dari Startbiz.co.id.
3. Pemesanan
3.1. Setiap informasi yang Anda berikan kepada kami hanya digunakan sehubungan dengan Layanan, kami menjamin bahwa informasi tersebut tidak akan dipindahkan, diberikan, atau diinformasikan kepada pihak ketiga lainnya, kecuali yang diatur secara spesifik dalam Syarat dan Ketentuan ini atau Kebijakan Privasi.
3.2. Pada saat memesan melalui Situs ini Anda diminta untuk memberikan alamat e-mail dan sandi. Anda harus memastikan bahwa informasi mengenai hal tersebut aman dan Anda tidak memberikan informasi tersebut kepada pihak ketiga.
3.3. Kami berhak untuk membatalkan Pesanan Anda dan / atau menolak permintaan Anda dalam mengakses layanan kami apabila salah satu informasi yang diperlukan ditemukan tidak lengkap dan / atau tidak valid dan / atau karena alasan apapun dan kapanpun. Ini dilakukan atas kebijaksanaan dan alasan kami sendiri. Anda sepenuhnya setuju dan memahami bahwa Anda sebagai Pelanggan dalam hal terjadinya pembatalan akan menerima pengembalian jumlah yang dibayarkan oleh Anda sehubungan dengan transaksi yang dibatalkan tersebut. Startbiz Indonesia tidak akan bertanggung jawab atas kompensasi tambahan dan Anda tidak berhak menuntut penyelesaian Pesanan Anda dan / atau pengiriman Pesanan.
3.4. Kami berhak untuk menetapkan batasan untuk jumlah barang yang dapat Anda pesan (ini dapat mengacu pada (i) jumlah total barang dan layanan dalam pesanan Anda, dan / atau (ii) kuantitas tersedia untuk pembelian untuk setiap item yang diterbitkan di Situs atau Aplikasi kami). Jika jumlah Pesanan Anda melebihi salah satu dari batas ini, kami berhak untuk mengubah atau membatalkan Pesanan Anda. Kami akan berusaha untuk memberitahukan Anda sebelumnya jika kami tidak dapat mengirimkan Pesanan Anda karena batasan ini.
3.5. Anda menjamin bahwa Anda cakap secara hukum untuk melakukan pemesanan atas Barang dan Layanan yang disediakan melalui Situs atau Aplikasi. Anda setuju untuk memberikan identitas yang valid sebelum membuat pesanan. Anda pun setuju untuk menunjukkan identitas yang valid, apabila diminta pada saat pengiriman untuk membuktikan identitas Anda.
3.6. Kami akan melakukan seluruh tindakan yang diperlukan, sejauh kemampuan kami, untuk menjaga data pemesanan dan pembayaran Anda, namun demikian, apabila tidak terdapat kesalahan dari bagian kami, kami tidak dapat dianggap bertanggung jawab untuk setiap kerugian yang mungkin Anda terima apabila pihak ketiga melakukan tindakan tanpa persetujuan untuk mengakses setiap data yang Anda berikan pada saat mengakses atau memesan melalui Situs kecuali terbukti lain.
4. Harga dan Pembayaran
4.1. Anda setuju untuk memberikan kepada kami informasi yang diminta secara benar dan menjamin bahwa informasi tersebut benar dan lengkap pada saat melakukan pemesanan. Anda juga menjamin bahwa informasi kartu kredit atau kartu debit yang Anda sediakan merupakan kartu kredit atau kartu debit milik Anda dan memiliki dana yang cukup untuk melakukan pembayaran.
4.2. Seluruh harga yang terdaftar untuk pengiriman oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Startbiz Indonesia yang tercantum pada Situs atau Aplikasi adalah benar pada saat publikasi. Namun demikian harga tersebut dapat berubah karena alasan bisnis. Sebagai penyedia platform, Startbiz Indonesia akan mengubah harga yang terdaftar setelah terjadinya perubahan oleh pihak ketiga tersebut.
4.3. Semua harga yang ditetapkan oleh Startbiz Indonesia hanya merupakan harga panduan dan hanya merupakan perkiraan. Kami berhak untuk mengubah harga ini kapan saja.
4.4. Total harga untuk Barang dan Biaya Layanan, termasuk biaya lainnya (apabila ada), akan tercantum pada Situs atau Aplikasi pada saat Anda menempatkan pesanan Anda di proses check-out. Harga yang harus dibayar oleh Konsumen merupakan harga yang tercantum pada saat Konsumen berada di proses check-out dari Situs atau Aplikasi. Perubahan terhadap harga yang terdaftar tidak dapat terjadi pada saat Konsumen berada dalam proses check-out dari Situs atau Aplikasi.
4.5. Seluruh pembayaran harus dilakukan untuk seluruh Barang yang dikirim dan Layanan yang disediakan. Pembayaran harus dilakukan berdasarkan pilihan yang disediakan Startbiz Indonesia pada Situs atau Aplikasi.
4.6. Seluruh harga yang terdaftar akan dikenakan pajak kecuali Startbiz Indonesia menyatakan lain.
4.7. Untuk memastikan bahwa belanja secara online aman, kartu debit/kredit Anda akan dienkripsi untuk mencegah kemungkinan seseorang dapat membacanya dan mengirim seluruh data melalui internet. Perusahaan kartu kredit Anda dapat juga melakukan pemeriksaan keamanan untuk memastikan bahwa Anda yang melakukan pemesanan.
4.8. Jika Anda memilih untuk membayar dengan kartu debit, Anda dapat dikenakan biaya / pra-otorisasi jumlah yang ditagih setelah Anda menyelesaikan Pesanan pada keranjang pembayaran di Aplikasi / Situs kami. Setelah pengiriman, (i) jika jumlah akhir Anda lebih tinggi daripada jumlah yang dibayarkan saat pembayaran, kartu debit Anda akan ditagih dengan tagihan akhir yang baru dan jumlah yang ditagih / pra-otorisasi awal sebagaimana dinyatakan dalam keranjang pembayaran akan dikembalikan ke Anda kartu debit; dan (ii) jika jumlah akhir Anda lebih rendah dari jumlah yang dibayarkan saat pembayaran, saldo akan dikembalikan sesuai dengan praktik standar bank Anda.
4.9. Kami berhak untuk mengambil semua tindakan hukum yang dianggap perlu, termasuk laporan kepolisian, jika Anda gagal memberikan pembayaran penuh dari Total Tagihan Anda setelah menerima barang ataupun layanan yang telah kami kirimkan.
4.10. Kami tidak memberikan tanda terima secara fisik untuk Pesanan Anda. Konfirmasi pesanan dan tanda terima pembayaran (setelah pembayaran dilakukan) akan dikirim secara digital melalui email kepada Anda setelah Pesanan Anda selesai. Jika Anda memerlukan faktur pajak resmi, Anda dapat menghubungi departemen layanan pelanggan kami.
5. Kebijakan Pengiriman
5.1. Pengiriman Produk Fisik (Barang)
5.1.1. Waktu pengiriman yang disediakan pada saat pemesanan hanya perkiraan dan dapat berubah. Waktu pengiriman yang dapat dipilih adalah dalam rentang waktu 1 jam pada hari yang sama dengan hari pemesanan dan pada hari berikutnya. Jumlah pengiriman barang pada setiap waktu pengiriman adalah terbatas, hal ini berarti kami tidak dapat menjamin bahwa Anda akan menerima pengiriman sesuai dengan waktu yang Anda inginkan. Keterbatasan tersebut akan diberitahukan di Situs atau Aplikasi, dan Anda dapat memilih waktu pengiriman yang masih tersedia.
5.1.2. Kami mungkin melibatkan perusahaan penyedia jasa pengiriman pihak ketiga untuk melakukan pengiriman Barang. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk memastikan bahwa pengiriman dilakukan dalam rentang waktu yang Anda pilih pada Situs atau Aplikasi.
5.1.3. Namun demikian, Anda dapat menghubungi kami jika Anda tidak menerima Barang dalam rentang waktu yang Anda pilih di Situs dan Aplikasi. Kami akan memfasilitasi permasalahan Anda untuk menemukan solusi terbaik dalam situasi tersebut.
5.1.4. Pengiriman hanya tersedia selama Jam Operasional.
5.1.5. Barang akan dikirim hanya ke alamat yang Anda berikan di bagian ‘Alamat Pengiriman’ sebelum pembayaran Anda selesai di keranjang pembayaran. Alamat yang ditambahkan dalam Catatan atau obrolan langsung akan dianggap tidak valid dan tidak akan memenuhi syarat untuk pengiriman apa pun. Pelanggan tidak diperbolehkan untuk mengubah alamat pengiriman setelah Pesanan dikonfirmasi. Harap perhatikan bahwa ketidakakuratan alamat pengiriman dan / atau ketidaksesuaian dapat mengakibatkan pembatalan pesanan.
5.1.6. Dengan peraturan yang ketat, kami melakukan pengiriman berdasarkan jumlah barang yang ditunjukkan dalam keranjang check-out Anda. Setiap variasi jumlah yang disebutkan melalui bentuk komunikasi lain (termasuk tetapi tidak terbatas pada pesan untuk pembelanja dan / atau catatan atau live chat) akan diabaikan.
5.1.7. Pengendara kami hanya akan menunggu selama lima belas (15) menit setelah mereka tiba di alamat pengiriman yang Anda pilih. Jika Anda tidak dapat menerima Barang dan / atau menolak / menunda / gagal untuk menanggapi komunikasi kami mengenai penerimaan Barang dalam jangka waktu ini, Pesanan akan diklasifikasikan sebagai ‘pengiriman gagal’ dan pengendara akan kembali dengan semua barang.
5.1.8. Atas permintaan Anda untuk menyelesaikan prosedur pengiriman karena ketidakhadiran Anda sehingga meninggalkan Barang di depan pintu Anda, lobi, pos jaga atau penerima yang ditunjuk;
5.1.9. Dengan persetujuan Anda, Anda dapat meminta pengendara kami untuk mengantarkan Barang Anda ke lantai tertentu dari alamat pengiriman Anda atau ke dapur atau ruangan dalam tempat tinggal Anda dengan risiko Anda sendiri.
5.1.10. Dalam keadaan tertentu apabila terjadi keterlambatan pengiriman, atas kebijakan sendiri, kami dapat tidak mengenakan Biaya Layanan terhadap Konsumen.
5.1.11. Semua risiko atas Barang beralih kepada Anda pada saat Pengiriman.
5.1.12. Jika Anda tidak dapat menerima Barang yang diantar kepada Anda pada saat Pengiriman, atau kami tidak dapat mengantarnya pada waktu yang dipilih dikarenakan kesalahan Anda dalam memberikan informasi yang cukup dan instruksi yang tepat, maka Barang tersebut dianggap telah diantar kepada Anda dan semua risiko dan tanggung jawab atas Barang tersebut beralih pada Anda. Setiap penyimpanan, asuransi dan biaya/pengeluaran lain yang kami tanggung sebagai bagian dari ketidakmampuan melakukan pengiriman karena kesalahan Anda, menjadi tanggung jawab Anda dan Anda harus memberikan kompensasi yang diperlukan kepada Startbiz Indonesia apabila ada. Namun demikian, hal tersebut tidak berlaku apabila Anda sudah menghubungi kami melalui e-mail, telepon, atau layanan pelanggan.
5.1.13. Anda harus memastikan bahwa pada saat Pengiriman Barang, pengaturan yang diperlukan termasuk akses pengiriman sudah tersedia demi keamanan pengiriman Barang tersebut. Kami tidak bertanggung jawab untuk setiap kerusakan, biaya dan pengeluaran yang timbul terhadap Barang tersebut atau tempat-tempat pada saat hal ini terjadi sebagai hasil atas kesalahan Anda dalam memberikan akses dan situasi yang memadai untuk pengiriman.
5.1.14. Agar tujuan sebagaimana tercantum dalam Pasal 5.1.5 ini tercapai, Anda memahami dan sepakat bahwa kami dapat memberikan alamat pengiriman Anda kepada pihak ketiga sebagai rekan jasa logistik kami untuk melakukan pengiriman Barang.
5.2. Pengiriman Produk Non-Fisik (Layanan dan Jasa)
5.2.1. Waktu pengiriman yang disediakan pada saat pemesanan hanya perkiraan dan dapat berubah, mohon perhatikan estimasi pengiriman layanan pada halaman rincian produk. Anda dapat menghubungi kami terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan layanan jika dirasa diperlukan.
5.2.2. Semua pengiriman Produk Non-Fisik termasuk namun tidak terbatas pada pengiriman layanan dan jasa, hanya akan dikirimkan dalam bentuk digital melalui saluran komunikasi yang telah disepakati antara Startbiz Indonesia dan Anda. Jika Anda membutuhkan pengiriman dalam bentuk fisik, harap hubungi kami terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan pengiriman dalam bentuk fisik, kami mungkin akan mengenakan biaya tambahan untuk keperluan packing dan pengiriman ke tempat Anda.
6. Penolakan dan Pembatalan
6.1. Anda memahami bahwa pada saat pemesanan, Barang atau Layanan mungkin tidak tersedia dikarenakan beberapa alasan. Dalam hal ini, kami akan memberitahu Anda melalui Layanan Pelanggan kami melalu e-mail ataupun WhatsApp, bahwa barang atau layanan yang Anda pesan tidak tersedia, dan akan mengembalikan setiap pembayaran yang telah Anda lakukan dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah transaksi, tergantung pada cara pembayaran Anda.
6.2. Setelah pengiriman selesai, Anda menemukan produk yang dianggap tidak dapat diterima oleh Anda, Anda memiliki hak untuk mengajukan keluhan penolakan barang atau layanan, memberikan alasan mengapa produk tidak dapat diterima ke layanan pelanggan kami dalam kurun waktu tiga (3) hari kerja sejak tanggal Pengiriman. Permintaan pengembalian uang yang dilakukan setelah tiga (3) hari kerja dianggap tidak sah dan tidak akan diproses oleh kami.
7. Kebijakan Pengembalian
7.1. Startbiz Indonesia akan memberikan informasi dan penjelasan yang akurat untuk setiap produk, namun apabila Anda menerima produk-produk yang Anda anggap tidak dapat diterima, Anda berhak untuk menolak produk tersebut, dengan memberikan alasan mengapa produk tersebut tidak dapat diterima. Kami akan mempertimbangkan keberatan Anda dan mengembalikan pembayaran atas produk tersebut dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja setelah transaksi, tergantung pada cara pembayaran Anda.
7.2 Kami berhak meminta dari Anda bukti Barang yang rusak atau layanan yang tidak dapat diterima oleh Anda. Pengembalian dana akan dilakukan atas kebijakan kami sendiri dan hanya akan diproses setelah peninjauan kami dan verifikasi bukti dan / atau pengumpulan barang yang sukses dari Anda oleh tim kami. Kami akan memberikan pembaruan status pengembalian dana kepada Anda melalui email sesegera mungkin.
7.3 Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang tidak disadari atau tidak dapat dikenali dalam produk yang terpilih.
7.4 Kami akan memberi tahu Anda melalui email tentang persetujuan pengembalian dana dan Anda disarankan untuk memeriksa dengan bank penerbit Anda tentang status pengembalian uang (masing-masing bank penerbit akan memiliki jangka waktu yang berbeda untuk menunjukan jumlah pengembalian dana dalam rekening bank / pernyataan).
7.5 Apabila atas pertimbangan lain, Anda tidak puas dengan pelayanan yang kami berikan, Anda dapat memberikan penilaian atas pelayanan kami melalui Situs atau Aplikasi. Berdasarkan kebijakan kami, Anda dapat menerima pengembalian uang dari sebagian Biaya Layanan yang disediakan.
8. Informasi
8.1. Hanya satu (1) akun Startbiz Indonesia yang diizinkan untuk setiap nomor telepon yang terdaftar. Akun tambahan dapat diizinkan sesuai kebijaksanaan kami.
8.2. Kami memiliki kebijakan dan hak mutlak untuk menolak pendaftaran akun apapun dan menghentikan pendaftaran akun apapun dengan alasan apa pun.
8.3. Pada saat kami meminta informasi dari Anda untuk memastikan Pengiriman, Anda setuju untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap
8.4. Anda sepakat untuk mengizinkan kami untuk menggunakan, menyimpan atau memproses informasi pribadi Anda yang diperlukan untuk menyediakan Pengiriman, Barang atau Layanan kepada Anda dan untuk tujuan pemasaran dan pengendalian kredit (“Penggunaan”). Penggunaan ini dapat berupa dibukanya informasi pribadi Anda pada pihak ketiga tertentu yang kami pilih, setiap kali kami meyakini bahwa layanan yang ditawarkan oleh pihak ketiga tersebut penting bagi Anda atau ketika hal ini diwajibkan oleh hukum, atau dalam rangka Pengiriman Barang atau Layanan untuk Anda. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada Kebijakan Privasi kami.
8.5. Anda setuju untuk mengizinkan kami untuk menggunakan, menyimpan atau memproses Informasi Pribadi Anda untuk tujuan pencegahan penipuan dalam bertransaksi dan penggunaan layanan. Hal ini dapat termasuk pengungkapan Informasi Pribadi Anda kepada pihak ketiga terpilih dari waktu ke waktu dimana kami percaya bahwa layanan-layanan yang ditawarkan pihak ketiga mungkin menguntungkan bagi Anda dan Startbiz Indonesia dalam menyediakan layanan kami.
8.6. Kami menganggap tindakan-tindakan berikut sebagai penggunaan akun Startbiz Indonesia yang salah, termasuk namun tidak terbatas pada:
- Penggunaan akun untuk aktivitas ilegal apapun sesuai dengan hukum Indonesia; dan / atau
- Penggunaan beberapa akun Startbiz Indonesia untuk pembelian terkait dengan promosi Startbiz Indonesia; dan / atau
- Pembuatan akun atas nama orang atau badan lain tanpa otorisasi mereka.
8.7. Jika: (i) sistem kami mendeteksi banyak akun yang ditautkan ke nomor telepon Anda; (ii) penggunaan akun Startbiz Indonesia yang salah sebagaimana diperinci dalam pasal 8.6; (iii) metode pembayaran yang kami anggap mencurigakan; (iv) beberapa kegagalan pembayaran; atau (v) informasi apa pun yang diberikan tidak lengkap, tidak valid, salah atau salah, kami berhak untuk:
- Batalkan Pesanan Anda saat ini atau di masa mendatang;
- Segera hentikan akses Anda ke Layanan kami tanpa referensi lebih lanjut kepada Anda;
- Tangguhkan akun Startbiz Anda dan / atau akun pembayaran Anda selamanya; dan
- Segera hentikan semua komunikasi lebih lanjut dengan Anda.
8.8 Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun (uang atau lainnya), beban, biaya, kerusakan, biaya atau pengeluaran yang timbul dari tindakan atau konsekuensi yang dinyatakan dalam klausul 8.7.
8.9 Kami akan menghapus dan / atau menghancurkan akun Startbiz Anda dan / atau data pribadi Anda lainnya di dalam website kami dengan kondisi Anda meminta kami untuk melakukannya. Kami mungkin memerlukan permintaan formal melalui email dari Anda ke departemen layanan pelanggan kami untuk memfasilitasi permintaan penghapusan dan / atau penghancuran akun dan / atau data pribadi Anda.
9. Keluhan
9.1. Kami berusaha untuk memastikan bahwa semua karyawan, mitra, afiliasi bisnis, Kontraktor Independen dan / atau Provider (“Tim”) diperlakukan secara bermartabat dan rasa hormat. Jika kami memiliki keyakinan yang wajar bahwa Anda terlibat dalam perilaku atau tindakan terhadap Tim kami yang kami anggap tidak dapat diterima (termasuk namun tidak terbatas pada perilaku komunikasi yang kasar, kasar atau agresif dan ancaman terhadap keadaan fisik, properti atau reputasi mereka), kami berhak untuk segera membatalkan semua pesanan Anda saat ini dan masa depan, menghentikan semua komunikasi dengan Anda dan melarang Anda dari layanan kami.
9.2. Jika kami menerima dari Anda terus menerus dan / atau beberapa permintaan yang kami anggap tidak beralasan (yaitu permintaan untuk perpanjangan periode promosi atau permintaan untuk pengembalian uang tanpa penyediaan bukti), kami berhak untuk mengakhiri akun Startbiz Anda dan menolak Anda mengakses layanan kami.
9.3. Startbiz Indonesia berusaha sebaik mungkin untuk memfasilitasi keluhan Anda. Kami menanggapi keluhan pelanggan secara serius dan mengusahakan untuk menanggapi keluhan Anda sesegera mungkin. Segala keluhan ditujukan pada [email protected]. melalui layanan pelanggan kami secara langsung, ataupun metode layanan pelanggan lainnya yang mungkin kami sediakan di masa mendatang.
10. Batasan Tanggung Jawab
10.1. Kami berusaha sebaik mungkin untuk memastikan bahwa informasi pada Situs atau Aplikasi adalah benar dan bebas dari kesalahan pada setiap saat. Terlepas dari usaha maksimal kami, kami tidak dapat menjamin bahwa pada Situs atau Aplikasi akan selalu bebas dari kesalahan dan penggunaannya selalu sesuai dengan tujuan, tepat waktu dan setiap kesalahan akan dikoreksi, dan situs atau server bebas dari virus atau bug atau menunjukkan keseluruhan fungsi, akurasi, kehandalan Situs tersebut dan kami tidak dapat menjamin terhadap hal-hal tersebut, baik secara eksplisit atau implisit, berkaitan dengan kesesuaian dengan tujuan, atau akurasi.
10.2. Gambar barang seperti yang terlihat di Situs atau Aplikasi mungkin sedikit berbeda dari Barang sebenarnya yang Anda terima. Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas segala kerugian, kerusakan, cedera atau biaya, apapun yang timbul, dari atau sehubungan dengan penggunaan Produk.
10.3. Dengan menyetujui ketentuan penggunaan ini Anda sepakat untuk melepaskan kami dari tanggung jawab apapun yang timbul dari penggunaan informasi dari pihak ketiga oleh Anda.
10.4. Kami melepaskan setiap dan seluruh tanggung jawab kepada Anda terhadap pelaksanaan Pengiriman, pemasokan Barang dan Layanan selama diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini tidak mempengaruhi hak Anda berdasarkan hukum sebagai pelanggan. Apabila kami menemukan bahwa kami bertanggung jawab atas kehilangan atau kerugian apapun kepada Anda, tanggung jawab tersebut terbatas pada nilai yang telah Anda bayar untuk Barang atau Layanan yang relevan. Kami tidak dapat menerima tanggung jawab untuk setiap kehilangan, kerugian atau pengeluaran apapun, termasuk setiap kehilangan langsung atau tidak langsung seperti kehilangan keuntungan pada Anda, apapun alasannya. Pembatasan tanggung jawab ini tidak berlaku terhadap kecelakaan atau kematian pribadi yang timbul secara langsung atas kelalaian kami.
10.5. Kami tidak menerima tanggung jawab apapun untuk setiap keterlambatan, kegagalan, kesalahan atau kelalaian atau kerugian atas informasi yang dikirimkan, virus atau kontaminasi lainnya atau hal-hal yang merusak yang dikirimkan kepada sistem komputer milik pelanggan melalui Situs atau Aplikasi kami.
10.6. Baik Startbiz Indonesia, Kontraktor Independen maupun Provider yang Berpartisipasi harus bertanggung jawab atas kerugian, kewajiban, biaya, biaya kerusakan atau biaya yang timbul dari keterlambatan, penundaan atau pembatalan pengiriman. Jika Barang atau Layanan tidak dikirim dalam jangka waktu yang dipilih (kecuali karena kondisi cuaca), atau untuk pertanyaan lain mengenai pengiriman, silakan hubungi departemen layanan pelanggan kami, sebagaimana ditunjukkan oleh Situs Web atau Aplikasi.
10.7. Kami tidak bertanggung jawab untuk setiap kegagalan atau keterlambatan dalam melakukan Layanan atau mengirimkan Barang yang mana kegagalan tersebut timbul sebagai akibat dari setiap tindakan atau kelalaian, yang di luar kendali kami seperti segala kejadian luar biasa dan tidak dapat dihindari yang disebabkan secara langsung dan khusus oleh kekuatan alam yang tidak dapat diantisipasi, dikendalikan, atau dicegah, dengan tindakan kehati-hatian, ketelitian, dan perhatian, termasuk namun tidak terbatas pada: perang, kerusuhan, huru-hara, perintah undang-undang atau pemerintah, peraturan, ketentuan atau arahan dan tindakan dari pihak ketiga.
10.8. Apabila kami dikontrak untuk memberikan pesanan yang identik atau mirip kepada lebih dari satu Konsumen dan tidak dapat memenuhi seluruh kewajiban kami kepada Anda dengan alasan Keadaan Kahar, kami dapat menentukan berdasarkan wewenang kami, pesanan mana yang akan kami penuhi dan sejauh mana akan kami lakukan. Namun, kami akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak-pihak yang telah memesan tetapi tidak dapat dipenuhi pesanannya dan Anda berhak atas kebijakan pengembalian sebagaimana dijelaskan pada Bagian 7.
10.9. Produk yang kami jual hanya untuk penggunaan perorangan lokal dan digunakan untuk konsumen. Dengan demikian, kami tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan yang tidak langsung, kehilangan karena suatu sebab, kehilangan data, kehilangan pendapatan atau keuntungan, kehilangan atau kerusakan pada properti dan/atau kerugian atas klaim dari pihak ketiga yang timbul atas penggunaan Situs atau Aplikasi atau untuk setiap produk atau layanan yang dibeli dari kami.
10.10. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah penipuan melalui Internet dan memastikan setiap data yang dikumpulkan dari Anda disimpan seaman mungkin. Namun, kami tidak bertanggung jawab dalam hal terjadi peristiwa yang kemungkinannya sangat kecil terjadi pada server komputer atau dari pihak ketiga.
10.11. Dalam hal kami memiliki keyakinan bahwa terdapat penyalahgunaan voucher dan/atau kode diskon atau terdapat hal yang menimbulkan penipuan, Startbiz Indonesia dapat melakukan pemblokiran terhadap konsumen dengan segera dan berhak untuk menolak memberikan layanan di masa nanti terhadap konsumen tersebut. Kemudian, apabila terdapat penyalahgunaan voucher atau kode diskon, kami berhak untuk mendapat kompensasi dari setiap dan seluruh pelaku yang melakukan hal tersebut.
10.12. Penawaran, promosi dan insentif sepenuhnya merupakan kebijakan dari kami dan dapat berubah atau ditarik kapan pun tanpa pemberitahuan sebelumnya.
11. Ketentuan Umum
11.1. Seluruh harga adalah dalam Rupiah (IDR); Pajak yang dikenakan sudah termasuk selama ditentukan.
11.2. Kami dapat melakukan sub-kontrak terhadap beberapa bagian atau bagian-bagian dari Layanan atau Barang yang kami sediakan kepada Anda dari waktu ke waktu.
11.3. Kami akan mempublikasikan setiap perubahan yang materiil atau subtantif dari Syarat dan Ketentuan pada Situs atau Aplikasi, dan Anda harus membaca perubahan tersebut secara teliti. Jika Anda melanjutkan untuk menggunakan dan mengakses Situs atau Aplikasi setiap setelah Syarat dan Ketentuan yang diubah dipublikasikan, maka akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan yang diubah.
11.4. Setiap keberatan atas Syarat dan Ketentuan yang diubah harus diberikan kepada Startbiz Indonesia dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah perubahan tersebut dipublikasikan pada Situs atau Aplikasi.
11.5. Pelanggaran atau pengingkaran oleh Anda atas salah satu dari Syarat dan Ketentuan kami akan mengakibatkan penghentian penyediaan layanan secara segera kepada Anda tanpa referensi lebih lanjut kepada Anda.
11.6. Jika kami memiliki keyakinan yang wajar bahwa terdapat penyalahgunaan voucher dan / atau kode promo atau dalam kasus penipuan yang dicurigai, Startbiz Indonesia dapat segera memblokir pembelanja (atau Pelanggan) dan berhak untuk menolak layanan di masa mendatang. Selain itu, jika ada penyalahgunaan kode voucher atau diskon, kami berhak untuk meminta kompensasi dari setiap dan semua pelanggar.
11.7. Anda tidak dapat untuk menggunakan atau meluncurkan sistem otomatis atau program sehubungan dengan Situs atau Aplikasi Kami atau fungsi pemesanan online-nya.
11.8. Anda tidak dapat mengumpulkan atau mengambil informasi mengenai identitas pribadi dari Situs atau Aplikasi, penggunaan sistem komunikasi yang disediakan oleh Situs atau Aplikasi untuk dikumpulkan secara komersil, pengumpulan untuk segala alasan oleh pengguna Situs atau Aplikasi sehubungan dengan pendaftarannya di Situs atau Aplikasi, atau mempublikasikan atau mendistribusikan setiap vouchers atau kode sehubungan dengan situs atau mengumpulkan atau pengambilan atau melakukan hack terhadap Situs atau Aplikasi.
11.9. Syarat dan Ketentuan bersama dengan Kebijakan Privasi, setiap bentuk lainnya dan cara pembayaran merupakan satu kesatuan perjanjian antara Anda dan Kami. Tidak ada ketentuan baik secara eksplisit atau implisit yang akan menjadi bagian dari Perjanjian ini. Dalam hal terdapat perbedaan antara Syarat dan Ketentuan ini dan setiap dari ketentuan atau aturan pada Situs atau Aplikasi kecuali yang berkaitan dengan masalah privasi, maka Syarat dan Ketentuan akan berlaku.
11.10. Jika terdapat ketentuan atau keadaan pada Perjanjian yang menjadi tidak valid, ilegal atau tidak dapat diterapkan, maka para pihak dengan ini sepakat bahwa ketentuan atau kondisi tersebut akan dihapus dan ketentuan lainnya dalam Perjanjian akan tetap berlaku tanpa ketentuan atau keadaan tersebut.
11.11. Syarat dan Ketentuan ini dan Perjanjian kami diatur dan dibuat berdasarkan hukum Indonesia. Para pihak dengan ini sepakat untuk memilih jurisdiksi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
11.12. Tidak ada penundaan atau kegagalan untuk menerapkan hak atau ganti rugi yang merupakan hak kami berdasarkan Perjanjian, yang akan dianggap sebagai pengesampingan atas bagian kami terhadap hak atau ganti rugi tersebut kecuali pengesampingan tersebut dikonfirmasi secara tertulis.
11.13. Syarat dan Ketentuan ini dan kontrak (dan semua kewajiban non kontraktual yang timbul atau sehubungan dengan itu) diatur dan dibuat berdasarkan Hukum Indonesia. Kami dan Anda dengan ini secara non-ekslusif memilih jurisdiksi kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta. Seluruh kesepakatan, korespondensi dan kontak antara kita harus dibuat berdasarkan Bahasa Indonesia.
12. Ketentuan Layanan Hosting
12.1. Konten
- Semua layanan yang disediakan oleh Startbiz Indonesia hanya digunakan untuk tujuan yang sah menurut hukum.
- Semua isi atau link yang melanggar hukum tidak diperkenankan, termasuk pelanggaran hak cipta, merek dagang, SARA, dan pornografi.
- Semua isi yang dapat mengganggu kinerja server Startbiz Indonesia tidak diperkenankan.
- Semua script yang berbentuk Phising akan langsung kami Terminated.
- Merusak, memasuki, mengcopy, mencoba mengganti data dan sistem yang berada di server Startbiz Indonesia yang bukan merupakan hak dari pelanggan yang bersangkutan.
- Menjual kembali web space, free e-mail forward/POP3/Autoresponder, subdomains, dan lain-lain ke pihak lain.
- Segala aktivitas yang tidak sah menurut hukum atau merugikan pihak ketiga yang menggunakan fasilitas Startbiz Indonesia di luar tanggung jawab Startbiz Indonesia. Startbiz Indonesia dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga atas terjadinya kerugian yang timbul akibat hal ini.
- Apabila anda melanggar salah satu dari peraturan yang ada maka Startbiz Indonesia berhak menutup layanan secara sepihak. Dan tidak melakukan pengembalian dana yang telah dibayarkan.
- Startbiz Indonesia tidak bertanggung jawab dan dibebaskan atas hilangnya atau rusaknya data-data pelanggannya.
- Contoh isi atau link yang dilarang
- IRC Bots
- Situs Warez
- Software Bajakan
- Situs SARA
- Situs Hacking dan arsipnya
- Emulator/ROMS
- Realtime chat application.
- Facebook Bot.
- Twitter Bot/Auto Followers.
- Script yang memerlukan memori besar sehingga mengganggu kinerja server secara keseluruhan.
12.2. Email dan Spam
- Startbiz Indonesia tidak bertanggung jawab atas email yang dapat menimbulkan kebencian, email yang dikirim berulang-ulang (mail bom) dan spam.
- Startbiz Indonesia tidak memberikan toleransi atas email yang dapat menimbulkan kebencian, email yang dikirim berulang-ulang (mail bom) dan spam.
- Startbiz Indonesia akan mengambil tindakan menutup atau menonaktifkan account pelanggan yang terbukti melakukan pelanggaran seperti di atas secara sepihak. Dan tidak melakukan pengembalian dana yang telah dibayarkan.
- Startbiz Indonesia tidak menganjurkan Akun Shared Hosting digunakan sebagai Mail Hosting dan Dakses dalam jumlah yang besar, karena akan membebani Load Server . Jika ingin menggunakan Mail secara maksimal kami anjurkan menggunakan Google Apps atau menggunakan Mail Hosting khusus.
12.3. Penggunaan Sumber Daya
- Tidak boleh menggunakan 20% sumber daya server lebih dari 90 detik. Penyebabnya antaralain, CGI Script, FTP, HTTP, dan lain-lain.
- Tidak boleh menjalankan aplikasi chatting realtime yang menggunakan sumber daya server namun penggunaan remote-chating diperbolehkan (humanclick.com, liveperson.com, dan livehumanhelp.com).
- Tidak boleh menjalankan bit torrent, rapidleech atau sejenisnya.
- Tidak boleh menjalankan game online seperti counter-strike, half-life, battlefield1492, dan lain-lain.
- Aplikasi script yang tidak boleh dijalankan di server Startbiz Indonesia antara lain:
- Anonymizer
- CGI/Perl version of YABB
- Chat room/IRC scripts
- FormMail (versions prior to 1.91)
- Ikonboard
- Proxy scripts
- phpShell dan script yang menggunakan command execution
- PsyBNC, Eggdrop, mailbom, dan sejenisnya
- Telnet Scripts
- UltimateBBS
- Image Hosting/File Hosting/File Storage
- Jika Startbiz Indonesia menemukan pelanggaran penggunaan sumber daya, Startbiz Indonesia akan menonaktifkan account pelanggan tanpa pemberitahuan.
12.4. Lalu Lintas Data
- Startbiz Indonesia menyediakan lalu lintas data sesuai dengan batas yang telah ditentukan. Jika anda telah menggunakan lalu lintas data melampaui batas yang telah ditentukan maka account anda akan dinonaktifkan. Dan anda akan disarankan untuk mengupgrade ke paket hosting yang lebih tinggi.
- Lalu lintas data di Startbiz Indonesia tidak bersifat akumulasi.
- Startbiz Indonesia tidak bertanggung jawab dan dibebaskan dari tuntutan ganti rugi atas kesalahan pengiriman data atau lambatnya lalu lintas data.
12.5. Pembatalan Account
- Anda dapat memutuskan untuk berhenti setiap saat. Permohonan pembatalan tidak dapat dilakukan melalui telepon. Untuk melakukan pembatalan,anda harus menghubungi email [email protected] atau melalui tiket pelanggan di Client Area kami https://clients.startbiz.co.id
- Pemberitahuan pembatalan harus diterima sedikitnya sepuluh hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari biaya penuh untuk periode layanan selanjutnya.
- Anda bertanggung jawab atas penggunaan email konfirmasi dari Kami. Jika anda belum menerima email pemberitahuan pembatalan, account anda akan tetap aktif dan anda tetap akan menerima tagihan. Jika anda mempunyai tagihan yang belum dilunasi pada saat pembatalan account, seluruh tagihan harus dilunasi penuh. Pembatalan tidak membebaskan anda untuk membayar seluruh tagihan yang ada.
- Kami berhak membatalkan account setiap saat jika di temukan pelanggaran pada account tersebut.
12.6. Kebijakan Ganti Rugi
- Anda setuju menggunakan layanan dan fasilitas Kami dengan segala kemungkinan resiko yang timbul, menjadi tanggungan anda. Startbiz Indonesia tidak akan bertanggung jawab atas kerugian, kehilangan data termasuk kerusakan yang timbul akibat penggunaan fasilitas Kami. Kami dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga atas terjadinya kerugian yang timbul bagi pihak ketiga.
12.7. Backup/Cadangan
- Anda bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web. Startbiz Indonesia dibebaskan atas tuntutan ganti rugi atas kehilangan atau kerugian yang timbul. Anda bertanggung jawab penuh atas transfer dan manajemen data dan file account anda. Backup yang kami lakukan adalah untuk kepentingan server dan anda sebagai client mempunyai kewajiban dan tanggung jawab masing-masing untuk melakukan Backup secara berkala serta di unduh ke PC Lokal anda.
12.8. Otomatis Suspended
- Server kami akan melakukan suspended Otomatis jika pada Akun Hosting anda Terdeteksi Virus, hal ini kami lakukan untuk menjaga keamanan pada server (Walaupun Tidak 100%). Jika Anti Virus kami mendeteksinya adanya Virus seperti PHPSHELL, Trojan, PHP.HIDE, Heuristic.HTML.Dropper dsb, maka akan tersuspended otomatis dengan Reason Virus Detected. Namun kami akan melakukan Unsuspended jika anda mengirimkan Ticket kepada kami dan kami akan menginformasikan kepada anda untuk penanggulannya. Tidak hanya itu untuk Akun Hosting yang mengalami Deface Site kami juga akan melakukan Suspended untuk bejaga-jaga adanya Script yang di gunakan untuk Tindakan Hacking pada akun hosting bersangkutan.
- *Suspended Hanya Untuk Sementara Waktu Hingga anda mengkonfirmasi kepada kami melalui Ticket dan Tidak ada batasan untuk Unsuspended (Tidak Berlaku Hak Unsuspended Sebanyak 3 Kali).
12.9. Ketentuan Suspended/Unsuspended
- Pihak kami akan melakukan suspended jika Account anda menyalahi T.O.S dan Kami tidak akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu sesaat setelah kami melakukan suspended. Namun kami akan menjelaskan dan memberikan alasan kenapa Account anda di Suspended jika Client sudah mengirim Ticket melalui Member Area kebagian Support. Kami akan melakukan Unsuspended jika Client telah bersedia mengikuti perintah/peraturan yang kami berikan.
12.10. Terminate
- Layanan yang sudah lebih dari 30 hari tidak diperpanjang atau tidak melakukan pembayaran maka akan otomatis diterminate dari server kami. Kami tidak menyediakan garansi backup untuk ini. Jika kami masih memiliki backup dan ingin digunakan lagi maka akan dikenakan biaya Rp. 100.000 untuk pengambilan backup.
12.11. Larangan Penggunaan Domain
- Larangan penggunaan Domain .co.cc .co.tv, us.to, .tk, .cf dll dikarenakan Banyak menimbulkan masalah pada server. Semua domain yang berbau FREE (Gratis) dilarang di server karena banyak Laporan Abuse yang kami terima pada domain tersebut. Penggunaan domain gratis akan otomatis terkena suspend.
12.12. Unlimited Hosting
- Startbiz Indonesia menawarkan beberapa paket hosting itu dengan “Unlimited” jumlah sumber daya untuk opsi khusus (hard disk space, bandwidth, domain per account, dan lain-lain yang tercantum di halaman fitur). Ini berarti bahwa Startbiz Indonesia tidak akan menetapkan batas khusus untuk sumber daya dan klien akan dapat menggunakan sumber daya yang dibutuhkan, tetapi Startbiz Indonesia tidak menggunakan kebijakan penggunaan adil yang berlaku untuk semua account.Startbiz Indonesia Fair Usage Policy menyiratkan bahwa jika klien menggunakan sumber daya dari server bersama sejauh mana ia negatif mempengaruhi pengguna lain host pada server yang sama, sumber daya dapat dibatasi atau dalam beberapa kasus, tetapi tidak harus, akun terhormat mungkin dinonaktifkan sebelum upgrade klien akunnya ke paket yang lebih cocok untuk kebutuhan nya atau perbaikan masalah sehingga penggunaan sumber daya pada account-nya berhenti negatif mempengaruhi pengguna lain pada server bersama sama.
- Dengan istilah “Space Unlimited” Startbiz Indonesia berarti bahwa tidak akan menetapkan batas pada jumlah file pengguna dapat host di account-nya, namun ruang pada account hosting tidak dapat digunakan untuk: penyimpanan Backup, penyimpanan online, layanan berbagi file , penyimpanan Film, penyimpanan foto, penyimpanan perangkat lunak, penyimpanan konten Hak Cipta, Ilegal, pelecehan atau Menyinggung penyimpanan file, Arsip Dokumen atau jenis lain dari arsip, Backup file (dengan pengecualian cadangan cPanel tunggal yang dihasilkan dari cPanel), file log , dll Startbiz Indonesia berhak untuk menghapus file tersebut dari akun pengguna dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien. Startbiz Indonesia juga berhak untuk menghapus file tunggal yang lebih besar dari 1GB dari akun pengguna terlepas dari isi dari file dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien. Startbiz Indonesia juga berhak membersihkan account pengguna dengan menghapus file yang berada di bawah kriteria file yang mungkin tidak di-host di Startbiz Indonesia account, jika ada lebih dari 250.000 file pada satu account, dengan atau tanpa pemberitahuan kepada klien. Startbiz Indonesia juga berhak untuk menonaktifkan account yang memegang lebih dari 250.000 file sampai account shared hosting yang relevan ditingkatkan oleh klien ke layanan vps mana pembatasan tersebut tidak diterapkan.
12.13. Layanan VPS
- Dilarang keras untuk menjual kembali akun SSH Tunnel untuk publik. VPS kami dirancang khusus dengan bandwidth yang tinggi bukan digunakan untuk akun SSH Tunnel. SSH Tunnel yang diperbolehlkan hanya untuk private SSH dan tidak mengganggu Network kami. Jika dirasa mengganggu Network kami, kami dapat mensuspended akun VPS Anda tanpa adanya pemberitahuan.
12.14. Pelanggaran
- Kami dapat memberhentikan layanan Anda tanpa adanya pengembalian dana jika dirasa melanggar Ketentuan Layanan. Tidak ada kebijakan pengembalian dana untuk layanan yang melanggar Ketentuan Layanan kami.
- Kami berhak melakukan suspend/terminate tanpa pemberitahuan jika ada user yang melanggar Ketentuan Layanan kami.
Setiap pelanggaran yang disengaja akan dikirim ke FraudRecord agar dapat diketahui oleh seluruh dunia.
13. Ketentuan Layanan Domain
13.1. Dalam memberikan layanan pendaftaran nama domain, kami bekerjasama dengan Namesilo yang merupakan pendaftar terakreditasi dengan ICANN untuk Nama Domain Tingkat Atas generik (“gTLD”) (seperti .com, .net, .org, dll.). ICANN mengawasi pendaftaran dan aspek lain dari gTLD.
13.2. Dengan mendaftarkan nama domain di Startbiz Indonesia, berarti Anda telah setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Namesilo, untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses pada halaman berikut https://www.namesilo.com/Support/General-Terms-and-Conditions.
14. Ketentuan Layanan Domain Indonesia (ID)
14.1. Ketentuan Umum
- Pendaftaran berdasarkan prinsip “nama domain diberikan pada yang mendaftar lebih dahulu dan memenuhi ketentuan” – first come first served.
- Pendaftaran dapat dilakukan oleh pemakai nama domain sendiri atau diwakili oleh pihak lain yang ditunjuk oleh pemakai nama domain
- Pendaftaran domain .ID hanya mendapat nama domain dan tidak mendapatkan tools untuk mengelola alamat IP, in-addr domain, dan konektivitas internet pemakai nama domain.
- Penyelesaian sengketa nama domain (dispute resolution) diselesaikan oleh Pemerintah Indonesia. Startbiz Indonesia dan Perkumpulan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) akan melaksanakan hasil keputusan penyelesaian sengketa yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.
- Kami berhak menolak pendaftaran domain jika ternyata ditemukan domain yang didaftarkan telah dimiliki oleh pihak lain.
14.2. Kriteria Pemilihan Nama Domain .ID
- Ada kaitan jelas antara nama domain dengan nama organisasi yang didaftarkan.
- Tidak menggunakan nama yang menunjukkan nama geografis.
- Tidak melanggar HaKI.
- Tidak menggunakan kata-kata yang menimbulkan dampak SARA.
- Tidak menggunakan kata-kata yang melanggar norma-norma dan kaidah hukum dan agama yang berlaku di Indonesia.
- Nama domain terdiri dari Alphabet “A-Z”,”a-z”, angka “0-9”, dan karakter “-“. (RFC819)
- Nama domain selalu diawali dengan alphabet. (RFC819)
- Nama domain minimum tiga karakter, khusus untuk domain ANYTHING.ID minimum lima karakter
- Direkomendasikan panjang nama domain tidak lebih dari 26 karakter.
- Kami berhak menolak pendaftaran domain jika ternyata ditemukan ketidaksesuaian pendaftaran nama domain dengan kriteria domain di atas.
14.3. Syarat Registrasi Nama Domain .ID
Registrasi nama domain .ID membutuhkan dokumen dan ketentuan khusus tergantung dengan ekstensi domain yang ingin diregister. Semua dokumen harus discan dan dikirimkan melalui Tiket pelanggan di Client Area Startbiz Indonesia.
Berikut ini syarat pendaftaran domain Indonesia:
14.3.1 Syarat Domain .ID
- ANYTHING.ID diperuntukan bagi Badan Usaha/entitas/sejenisnya yang berbadan hukum Indonesia dan/atau Warga Negara Republik Indonesia.
- Tidak ada persyaratan.
- Khusus untuk domain ANYTHING.ID, panjang karakter nama domain .ID minimum 5 karakter. Sedangkan untuk domain lain, minimal 3 karakter.
14.3.2 Syarat Domain .AC.ID
- Domain .ac.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi/organisasi/entitas yang memiliki izin/akreditasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Teknis terkait lainnya. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- SK Pendirian Lembaga dari Kementerian/Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan Perundangan.
- Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga.
- KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
14.3.3. Syarat Domain .BIZ.ID
- Domain .biz.id, diperuntukkan bagi perorangan/organisasi/entitas bisnis tingkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- KTP Republik Indonesia yang masih berlaku
14.3.4. Syarat Domain .CO.ID
- Domain .co.id, diperuntukkan bagi badan usaha/organisasi/entitas bisnis, atau sejenisnya yang berbadan hukum dan beroperasi di Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan Akta/Surat Ijin Usaha Perdagangan/Surat Ijin Usaha Jasa/Surat Ijin Tetap (Perdagangan, Industri, Transportasi, Pariwisata atau jasa sejenis lain) baik di tingkat Pusat, Daerah, berbentuk PT (Perseroan Terbatas), PK (Perseroan Komanditer/CV) atau Firma. Dokumen identitas yang dapat digunakan untuk pendaftaran domain CO.ID ialah:
- SIUP / TDP / Akte Notaris / Surat Ijin yang setara
- Surat Bukti Kepemilikan Merk atau Hak Paten (bila nama domain memakai merek terkenal)
- KTP Republik Indonesia yang masih berlaku
- Surat pernyataan keterkaitan nama domain dengan perusahaan (bila nama tidak sesuai dengan nama perusahaan)
14.3.5. Syarat Domain .MY.ID/.WEB.ID
- Domain .MY.ID/.WEB.ID diperuntukan bagi Badan Usaha/entitas/sejenisnya yang berbadan hukum Indonesia dan/atau Warga Negara Republik Indonesia. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
14.3.6. Syarat Domain .OR.ID
- Domain .or.id, diperuntukkan bagi organisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis, yang memiliki Akta atau SK Internal Organisasi. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan
- KTP Republik Indonesia yang masih berlaku.
- Surat pernyataan (bila nama tidak sesuai dengan nama organisasi)
14.3.7. Syarat Domain .SCH.ID
- Domain .sch.id, diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Teknis lainnya, termasuk pendidikan non-formal (luar sekolah) yang diakui oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga
- KTP Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga yang masih berlaku
14.3.8. Syarat Domain .PONPES.ID
- Domain .ponpes.id, diperuntukkan bagi pondok pesantren. Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
- Surat Keterangan Pimpinan Pondok Pesantren atau Pimpinan Lembaga Tentang Prihal Pendaftaran Nama Domain
- KTP yang masih berlaku
14.4. Ketentuan Lainnya
13.4.1. Pelanggan wajib untuk membayar pajak di Negaranya, Provinsi, atau daerah, untuk segala layanan yang disewa. Saat ini Kami belum memungut pajak PPn 10% karena belum resmi PKP.
13.4.2. Pelanggan memahami bahwa Kami tidak menjamin domain yang dipesan menggunakan layanan backorder dapat 100% berhasil diaktifkan dikarenakan beberapa faktor eksternal diantaranya domain diperpanjang oleh pemiliknya, domain di reserve oleh registrar/registry domain, atau error pada whois dimana domain itu berada saat itu. Sehingga apabila pelanggan memesan layanan Backorder tersebut maka pelanggan telah bersedia menerima resiko tersebut.
13.4.3. Untuk transfer / pemindahan domain yang berstatus aktif tidak dapat dipindah ke registrar lain apabila: belum memenuhi masa aktif selama 60 Hari; belum melakukan perpanjangan Domain (untuk Domain promo/Domain akuisisi); dan jika Domain telah memasuki masa 30 hari menuju expire.
Syarat dan Ketentuan Layanan dapat berubah kapan saja dengan pemberitahuan atau tanpa pemberitahuan.
Syarat dan Ketentuan ini terakhir diperbarui pada: Selasa, 13 Juli 2021